Lima Kegiatan Untuk Persiapan Lebaran




Ramadan adalah bulan yang sangat umat islam nanti-nantikan. Bulan yang penuh kemuliaan ini memiliki berbagai macam keberkahan. Adanya rutinitas-rutinitas yang kerapkali terjadi pada bulan Ramadan menjadi ciri khusus bulan yang suci ini. Misalnya adalah adanya salat tarawih, berburu takjil saat ngabuburit, sahur saat pagi, tadarus, ah suasananya memang luar biasa ya. Belum lagi, pada bulan Ramadan ini seperti bulan gebyar pahala, berlipat-lipat pahala setiap aktivitas yang kita lakukan, tentunya aktivitas yang bermanfaat yaa.

SuasanaRamadan memang menjadikan hari jadi lebih indah, namun kali ini banyak yang berbeda, berbeda pada saat kedatangannya, pada pelaksanaannya dan beberapa aktivitas bulan puasa yang jelas memang berbeda. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Tentu kalian memahami apa yang saya maksud, yaa ini dikarenakan Ramadan kali ini kita sedang berperang dengan pandemi covid-19. Sebenanya saya sedih melihat pandemi yang belum juga reda ini, tapi mau bagaimana lagi ya, memang sedang seperti ini keadaannya. Semoga lekas reda ya, kadang sedikit sedih mengingat teman-teman yang tidak bisa pulang ke kampung halamannya untuk bersama keluarga pada bulan yang suci ini, tapi saya juga salut kepada mereka, kesadaran mereka akan bahaya pandemi dan kepeduliannya kepada masyarakat lain menurut saya lebih tinggi, sebab mereka mampu mengalahkan egonya dibanding dengan keinginannya.

Pada masa seperti ini, banyak yang mengalami kesulitan, banyak perubahan rencana, dan tidak sedikit pekerja kehilangan pekerjaan, Tunjangan Hari Raya(THR), dan kehilangan pemasukan selama pandemi ini. Sedikit mengerikan memang jika kita berfikir ulang mengenai dampak covid-19 ini.


Banyaknya kebingungan-kebingungan itu membuat saya berfikir memberikan beberapa ide selama stay at home. Hitung-hitung sebagai persiapan lebaran dan tambah-tambah aktivitas selama di rumah aja ya kan? Yuk simak~

Menata Ulang Lemari

Hayo, siapa yang masih berantakan isi lemarinya? Almari yang tidak tersusun rapi membuat kita kesulitan mengambil barang-barang yang ada di dalamnya, terutama lemari baju, aduh rasanya enggak betah banget kan kalau lemari berantakan begitu. Nah, mumpung sedang stay at home, ide ini bisa kamu praktikkan sebagai kegiatan di rumah untuk mengisi kegiatan di rumah, selain itu, almari akan menjadi lebih rapi, sehingga jauh lebih indah untuk di lihat.

Mendekor Ulang Ruangan

Sudah mulai bosan dengan dekor ruangan yang itu-itu aja? Mau ganti suasana? Mau ningkatin mood? Well, kegiatan ini cocok banget buat kamu yang kreatif, kamu bisa mendekor ulang ruangan sebagai pengisi kegiatan semasa stay at home. Misalnya mendekor ulang kamar dengan mengubah beberapa barang atau perabotan, mengganti warna cat, dan lain sebagainya. Selain kenyamanan dan kebersihan yang kita dapat dari kegiatan ini, kita juga bisa memerbaiki suasana hati dengan hal-hal yang positif.

Mencuci Peralatan Makan

Terdengar sedikit aneh, tapi kegiatan ini sangat sering dilakukan ketika menjelang lebaran. Seperti mencuci peralatan makan, toples, dan gelas-gelas. Saya sendiri suka melakukannya, karena biasanya akan dipakai untuk tempat kue atau cemilan saat lebaran. Karena kalau disimpan terlalu lama akan berdebu juga kan? Makanya lebih baik sesekali dibersihkan.

Memasak

Memasak ini adalah kegiatan paling saya suka. Selain membuat saya belajar untuk upgrade skill masak, saya juga jadi punya hobi baru, yaitu nyoba-nyoba resep di youtube. Serius ini serasa seperti therapy khusus buat naikin mood. Nah, karena sekarang lagi bulan puasa, jadi boleh banget kalian memasak untuk menu menjelang buka ataupun sahur. Selain itu, kalian juga bisa sesekali mencoba resep-rese kue lebaran seperti nastar, kastengel, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia beberapa tips dari aku yang bisa kamu praktikkan di rumah selama stay at home sekaligus dalam rangka menyambut hari raya idul fitri. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa.

 


0 Response to "Lima Kegiatan Untuk Persiapan Lebaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel