5 Jenis Busana Muslim Pria Dari Berbagai Negara Di Dunia Yang Perlu Diketahui


Lebaran sebentar lagi, nggak kerasa udah jalan beberapa hari yaa. Anyway, saat ini perkembangan baju muslim di Indonesia bisa dibilang semakin pesat setiap tahunnya. Tidak hanya terbatas pada busana muslim wanita saja, namun busana muslim pria juga saat ini rupanya memiliki banyak kemajuan dari segi desain dan variasinya. Bahkan beberapa diantaranya ada yang mendapat pengaruh dari budaya negara lain. 

Kalau kamu mau tau apa saja istilah atau nama nama yang biasanya digunakan untuk menyebutkan busana muslim pria dari berbagai negara dibelahan dunia. Simak pembahasan seputar beberapa istilah busana muslim yang familiar dikenakan muslim pria di Tanah Air dibawah ini. Berikut 5 jenis busana muslim pria dari berbagai negara di Dunia yang perlu diketahui :

  1. Galabiyya

Galabiyya adalah jubah longgar asal Mesir yang mempunyai potongan hampir sama dengan thawb yaitu memanjang hingga mata kaki. Jika Anda ingin tampil keren ala pria pria di Mesir, Anda bisa kenakan Galabiyya ini ketika akan menghadiri acara formal maupun non formal. Bahkan Anda bisa mengenakannya ketika hari raya Idul Fitri sekalipun, karena busana muslim ini secara keseluruhan dapat memberikan kesan rapi pada pria yang mengenakannya. 

 

2.     Jubbas



Jubbas adalah salah satu busana muslim pria dari Arab yang dibuat dengan potongan terusan panjang. Serupa dengan galabiyya, namun yang membuat jubbas berbeda hanya dari segi penyebutannya saja (beda istilah). Dalam bahasa Turki, jubbas berarti “sepanjang mata kaki”. Sebagai pelengkap gaya busana muslim pria jubbas sendiri tidak mempunyai banyak warna dan juga cenderung lebih polos. Kebanyakan didominasi warna warna netral seperti abu abu, putih, hitam, dan biru dongker. Serta dibuat tanpa tambahan motif atau polos alias tidak bercorak. 


3.     Kurta



Kurta adalah busana muslim pria yang berasal dari negara negara di Asia Timur seperti Bangladesh, Afganistan, Pakistan, India, Nepal, serta Srilanka. Namun, jenis kurta yang biasa dikenakan oleh kebanyakan pria muslim termasuk di Indonesia adalah model kurta yang berasal dari Pakistan. Kurta juga bisa dikategorikan kedalam jenis busana muslim pria berupa terusan, namun panjangnya tidak sampai hingga mata kaki. Jadi, Anda masih membutuhkan celana lagi jika ingin memakainya untuk beraktivitas sehari hari. Kurta memiliki ciri seperti tunik yaitu panjangnya hingga ke lutut dan tidak ada kerah dibagian lehernya. 

 

4.             Baju Koko



 

Baju koko adalah jenis busana muslim yang paling sering digunakan pria muslim di Tanah Air. Meski sangat populer di Indonesia, namun baju koko ini ternyata bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Tiongkok. Nama “koko” sendiri muncul dari panggilan orang Indonesia pada golongan lelaki Tionghoa yaitu engko lalu berkembang menjadi koko. 

 

Lambat laun sebutan koko ini semakin menempel hingga menjadi lebih dikenal dengan sebutan baju koko dan menjadi bukti histori otentik adanya akulturasi antara bangsa Indonesia dengan kebudayaan Tionghoa di Tanah Air. 

 

5.              Tawb Atau Thobes



Sepintas busana muslim Tawb atau Thobes ini sebenarnya memiliki banyak persamaan dengan jubba dan galabiya, mungkin hanya permasalahan nama dan asal daerahnya saja yang membedakannya.  

 

Tawb atau thobes yang ada di Timur Tengah secara umum kebanyakan dibuat dengan potongan panjang hingga mata kaki dan menutupi semua sisi badan. Dari segi warna dan motifnya, tawb atau thobes lebih terkesan netral, tidak terlalu banyak ornament serta identik dengan beberapa karakter orang di Timur Tengah. 

 

 

Belum ada Komentar untuk " 5 Jenis Busana Muslim Pria Dari Berbagai Negara Di Dunia Yang Perlu Diketahui "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel