Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Sikat Gigi



Sumber : hallosehat.com

Masih ingatkah kamu kapan terakhir kali mengganti sikat gigi di rumah? Dalam rentang waktu berapa lama kamu menggantinya? Dalam hitungan hari, minggu , bulan atau bahkan tahun? Tahukah kamu bahwa mulut merupakan salah satu organ tubuh kita yang menjadi sarang bakteri? Mengingat kesehatan adalah investasi paling mahal, maka sebagai manusia alangkah lebih baik untuk tidak menyepelekan kesehatan mulut.

Mulut merupakan salah satu bagian dari alat pencernaan. Seluruh makanan yang kita makan akan melalui mulut sebagai proses ingesti. Dalam alur pencernaan, mulut sebagai tempat ingesti dan mastikasi makanan. Proses tersebut tentu tidak akan menjadi hambatan bagi orang yang kesehatan mulutnya terjaga dan terawat dengan baik, namun bagi yang orang yang kurang memperhatikan kesehatan mulutnya ini akan menjadi masalah, karena bakteri dan mikroba yang ada dalam rongga mulut akan ikut masuk kedalam organ tubuh yang lain bersamaan dengan makanan itu.


Sumber : klinikrespirasimalang.com

Salah satu cara menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah dengan melakukan sikat gigi dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Namun, tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam sikat gigi, salah satu diantaranya yaitu batasan penggunaan sikat gigi yang mana perlu diganti beberapa waktu sekali.

Nah, kira-kira kapan sih waktu yang tepat untuk mengganti sikat gigi yang tepat? Banyak dari kita barangkali masih enggan dan menunggu mengganti sikat gigi berlama-lama, terkadang bulu-bulu sikat gigi yang sudah rusak-pun masih dipakai untuk menyikat gigi, padahal hal itu jelas tidak akan bisa membersihkan kotoran yang ada pada gigi dan mulut. Maka dari itu, perlu kita sadari penggunaan dan penggantian sikat gigi kita. Waktu yang tepat untuk mengganti sikat gigi adalah dalam rentang waktu tiga sampai empat bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan agar kotoran dalam gigi dan mulut bisa bersih saat menyikat gigi. Meskipun terdengar sepele, namun alangkah lebih baik kita menjaga kesehatan dengan cara menjaga kebersihan dan senantiasa menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Because better safe than sorry right?

Jadi, sudahkah kamu mengganti sikat gigi di rumah?

Sekian tips sehat yang bisa mulai kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. Sampai bertemu di artikel selanjutnya~ 

14 Responses to "Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Sikat Gigi"

  1. Saya sih kadang lupa atau tepatnya malas ganti sikat gigi, hehe. Tapi anak saya selalu mengingatkan supaya saya rutin ganti sikat gigi. Anak saya memang paling rajin ganti sikat gigi, sampai-sampai setiap belanja selalu membeli sikat gigi, hehe.

    Alhamdulillah, saya lama-lama juga terbiasa meskipun harus 'diomeli' anak saya terlebih dahulu. Untung ada yang ngingetin ya mbak, coba kalau nggak gimana coba?? :)

    ReplyDelete
  2. Biasanya klo bulu2 sikatnya sdh mulai rusak. Hihi.. Thx y mba sdh diingatkan ok deh 3 bln-an y..*lingkari kalender..

    ReplyDelete
  3. Wah, iya bener kdg kita terlewat ini..ganti sikat gigi noted 3/4 bl skl y mb Ami. Tq

    ReplyDelete
  4. sbage emak nih kudu sigap ganti sikat gigi sekeluarga. selalu stok sih. thanks Ami diingetin.

    ReplyDelete
  5. Alhamdhulilah kalo aku ga sampe 4 bulan laj. 2 bulan aja rasanya udah risih pengen ganti. Cuma kejadian lucu kemarin sikat gigi anakku yg kecil aku ganti kan eh dia mogok ga mau sikat gigi, maunya yg lama aja hahaha

    ReplyDelete
  6. Yeayy aku udah bener mbak 3 bulan sekali. Malah kadang kurang dari itu sih. Ngerasa kotor aja gitu jd diganti. Makasih infonyaaa

    ReplyDelete
  7. Aku yang jadi petugas di rumah untuk ganti sikat gigi orang serumah. Biasanya gak sampai tiga bulan udah aku ganti sih. Lebih dari tiga bulan sikatnya gak enak juga

    ReplyDelete
  8. Wah... Aku kurang merhatiin nih, kayaknya udah lebih 3 bulan belum ganti. Makasih udah diingetin ya

    ReplyDelete
  9. Huwwoo ami makasih udah diingatkan ya sayang
    ciee rumah baru, selamat menulis

    ReplyDelete
  10. Mi, sikat gigiku kok bisa awet ya, ga pernah njebrak gitu bulu-bulunya. Padahal semua orang rumah palingan bertahan satu bulan aja udah semrawut bulu sikat giginya. Apa aku yang terlalu lemah saat menggosok gigi yaaa... :)

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata harus sering diganti yaaaa. Oke deh, langsung deh inget2 kapan terakhir beli sikat gigi.

    ReplyDelete
  12. Terima kasih informasinya ya mbak, singkat padat dan jelas mbak tulisannya

    ReplyDelete
  13. aku sang petugas ganti sikat gigi dirumah hihihi

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah. Bisa rajin ganti sikat gigi, karena cocok juga dengan pasta giginya.
    Gonta ganti warna pula.
    Jadi nggak tertukar dengan sikat gigi keluarga yg lain.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel