Sukseskan Haji 2020, Kemenag Ciptakan 10 Inovasi Haji Cerdas



Labbaik Allahumma Labbaik, labbaika la syarika laka labbaik inna al hamda wa an ni’mata laka wa al mulk la syarika laka.

Siapa yang tidak bergetar hatinya saat membaca atau mendengar kalimat talbiyah tersebut disenandungkan? Berjuta-juta umat islam sangat menantikan dapat melaksanakan perintah Allah yang tercantum dalam rukun islam ke-lima itu, bahkan mereka rela mengantri agar dapat melaksanakan ibadah haji.

Melihat peningkatan masyarakat dalam melaksanakan ibadah haji yang kian terus meningkat, Kementrian Agama Republik Indonesia mencoba melaksanakan tugas negara dalam pelaksanaan haji berupa pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada calon jemaah. Untuk mengetahui bagaimana kinerja pemerintah dalam  memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan tersebut harus dilakukan penilaian sebagai acuan evaluasi tahun-tahun berikutnya. Berikut adalah hasil survei Indeks Kepuasan Jamaah Haji Indonesia(IKJHI) sejak tahun 2010 hingga tahun 2019.

Sumber : Kemenag

Berdasarkan hasil survei IKJHI diatas, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan. Tentu hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kementrian Agama senantiasa meningkatkan berbagai inovasi agar calon jemaah haji senantiasa memperoleh haknya dari segi pembinaan, pelayanan, maupun perlindungan dari negara, tentu hal ini akan membantu para jamaah lebih khusyuk dalam melaksanakan ibadah haji mereka.
Berbagai kerisauan teman-teman dalam melaksankan haji itu banyak banget ya, salah satunya yaitu terkait biaya haji, nah aku ada good news untuk teman-teman semua terkait biaya haji 2020. Beraa biaya haji tahun 2020? Yuk lihat gambar dibawah!


Sumber : Kemenag

Biaya haji tahun 2020 dinyatakan sama dengan biaya haji tahun 2019, yakni sejumlah Rp. 35.235.602,00. Alhamdulillah sekali yaa. Tapi, meskipun harganya sama, tetap ada yang membedakan. Kira-kira apa ya yang membedakan? Mari kita simak gambar dibawah ini.

Sumber : Kemenag

Wah, alhamdulillah sekali ya meskipun biaya tidak naik, tapi layanan justru malah ditingkatkan lebih. Segala sesuatu yang diniatkan demi kebaikan pasti ada aja jalan rezekinya, bahkan dari jalan yang sebelumnya tidak terduga sekalipun.

Selain beberapa hal diatas, aku juga mau membagikan informasi yang tentunya akan bermanfaat bagi calon jemaah haji maupun temen-temen sekalian. Seperti yang saya katakan di awal bahwa pemerintah sedang gencar-gencarnya meningkatkan berbagai pelayanan untuk calon jamaah haji Indonesia, maka pada tahun 2020 ini pemerintah mengeluarkan 10 inovasi  haji 2020. Apa aja ya kira-kira? Yuk kita simak

1.       Kloter Berbasis Wilayah
Dalam pelaksanaan haji tahun 2020 kali ini penyusunan pramanifes kloter dilakukan sedini mungkin untuk mengefektifkan bimbingan manasik di kecamatan, karena regu dan rombongan akan berbasis wilayah. Alhamdulillah ini akan menjadi suatu keuntungan bagi jamaah haji karena rombongan satu kloternya berasal dari wilayah yang sama, tentunya akan lebih nyaman dan efisien sistem kloter berbasis wilayah karena memungkinkan calon jemaah akan lebih nyaman apabila bersama dengan orang yang satu daerah.

2.      Respon Darurat
Pada haji tahun 1441H/2020M pemerintah mencoba memberikan layanan respon darurat di Armuzna sebagai bagian dari prosedur pusat krisis dengan melibatkan muassasah. SOP manajemen mitigasi saat ada bencana ini mengintegrasikan/mengkombinasikan alokasi petugas Armuzna (219) menjadi petugas pendukung dengan rekruitmen bersama petugas pendukung (kompetensi, syarat masuk, dan tes masuk).

3.      Pelayanan Terpadu dan Sistem Pelaporan
Mengefektifkan Pelayanan Terpadu di tingkat Daker, terutama Daker Makkah dan Madinah. Penyempurnaan sistem pelaporan berbasis aplikasi mobile untuk laporan kloter dan pelayanan petugas yang terintegrasi dengan Siskohat.

4.      Konsumsi Full Covered
Penambahan konsumsi pada masa peak season (3 hari sblm dan 2 hari setelah Armuzna) dengan model makanan siap saji.

5.      Manasik Sepanjang Tahun
Pelaksanaan program inisiasi manasik sepanjang tahun bagi jemaah untuk menambah pengetahuan manasik haji, manasik jamaah lansia, uzur dan sakit.

6.      Efisiensi Proses Visa
Efisiensi proses visa dengan verifikasi dan visa request dilakukan di Kanwil. Paspor tidak perlu dikirim ke Pusat.

7.      Penomoran Maktab
Nomor maktab di Armuzna disesuaikan dengan Nomor maktab di Makkah yang  berbasis zonasi.

8.      Penyusunan Regulasi
Percepatan penyusunan regulasi teknis karena terbitnya UU No. 8 Tahun 2019, tentang PIHU.

9.      Non Teller dan Non Tunai
Inovasi terbaru kali ini yaitu Kemenag mencoba mengefektifkan pembayaran non-teller untuk pelunasan haji. Kemudian untuk penyediaan living cost tidak lagi diberikan dalam bentuk tunai. Diberikan dalam bentuk kartu debit yang mana kartu tersebut sekaligus menjadi kartu identitas jemaah dan sarana transaksi.

10.  Perbaikan Proses Badal dan Safari Wukuf
Penyusunan prosedur dan regulasi bersama antara Kemenag dan Kemenkes
Demikian 10 inovasi yang dilakukan oleh Kemenag dalam menunjang kesuksesan pelaksanan ibadah haji tahun 2020 ini. 

Oh iya temen-temen juga bisa loh download aplikasi Haji Pintar melalui smartphone, karena aplikasi ini sangat bermanfaat bagi kita terutama calon jamaah haji. Kira-kira apasih benefit aplikasi ini? 

Banyak banget kan manfaatnya? So kalau kalian mau download, langsung aja bisa disini : Unduh Aplikasi Haji Pintar . Semoga calon jamaah bisa melaksankan ibadahnya dengan lancar dan berkah, sehingga bisa memberi banyak manfaat kebaikan bagi sesama. Aamiin

Semua materi yang saya tulis disini merupakan hasil pemaparan Rapat Koordinasi Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh dari Kanwil Jawa Tengah. Acara ini diselenggarakan 25-27 Februari 2020 di Hotel Griya Persada Convention Center, Bandungan, Semarang. Materi yang saya tuliskan diatas dipaparkan oleh praktisi ahli pada bidangnya, nah berikut ini adalah daftar narasumber pada kegiatan tersebut:

  1. Prof. DR. H. Nizar Ali sebagai Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama RI
  2. H. Khoirizi S.Sos., MM sebagai Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI
  3. Drs. H. Ahyani, M.S.I sebagai Pelaksana Tugas Kakannwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah
  4. Drs. H. Muh. Saidun, M.Ag sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah
  5. H. Ahmadi, S.Ag sebagai Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji dan Umrah pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah
  6. Drs. H. Zaenal Fattah sebagai Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah
  7. Drs. H. Muhammad Syafiq sebagai Kepala Seksi Akomodasi, Transportasi dan Perlengkapan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah
  8. H. Abdul Djalil, S.Kom, MSi sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah
  9. H. Fitriyanto, S.Ag,M.PdI sebagai Kepala Seksi Sistem Informasi Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah


Alhamdulillah pemateri dalam Rapat Korrdinasi yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Jawa tengah ini memang luar biasa yaa temen-temen. Saya sebagai media blogger yang turut diundang menghadiri acara ini sangat mensyukuri telah diberi kesempatan turut serta hadir disana. Terimakasih kepada Bapak Dony Harahap telah mengundang saya, semoga informasi yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi khalayak pembaca. Aamiin
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya teman-teman!

Nah, untuk mengetahui bagaimana keseruan acara kemarin, yuk intip video di bawah ini!









Belum ada Komentar untuk "Sukseskan Haji 2020, Kemenag Ciptakan 10 Inovasi Haji Cerdas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel